11/4/13

SILA KE-6: Kreatif Sampai Mati

LOHAAAAA
Udah lama banget ya gue gak ngeblog lagi. Eits tenang, gue gak bakalan posting tentang mimpi-mimpi gue lagi dan foto-foto freak yang kayak gini lagi kok:


Tuhkan keceplosan jadi ngepost foto begituan lagi...
#SKIP. Gue jarang ngeblog bukan karena gue sibuk ngurusin pacar gue si Ayang Belek atau selingkuhannya si Utad Omed. (Gak ngerti yaaaa? Klik: #MimpiKawancut: Naik Haji Bareng Syahrini) Sebenernya gue lagi sibuk berkutat dengan buku-buku tebal dan materi-materi UN yang melimpah. Apa? Iya, gue udah kelas 9 dan sebentar lagi mau nikah sama utad omed SMA. Bukannya aku gak mau nemuin kamu.. Tapi apa daya, aku dan kamu dijaraki oleh lemari yang hanya bisa terbuka setiap sabtu malam dan hari libur saja. *meluk laptop*


KANCUUUUUUUT!!!

Gue abis ngebaca bukunya si @maswaditya, Kreatif Sampai Mati. Awalnya gue tertarik beli buku ini karena bukunya bergambar. Hehehehe, emang gak bisa dipungkiri, buku yang bergambar emang selalu menarik hati. Pas pertama kali ngebuka bukunya, gue kayak disuguhkan buku dongeng yang berisi kiat-kiat untuk bisa jadi orang yang kreatif. Begini nih penampakannya:


Nah, untuk itu gue bakalan nge-Review buku ini!


Judul Buku : Sila ke-6: Kreatif Sampai Mati
Pengarang : Wahyu Aditya (a.k.a Waditya)
Penerbit : PT Bentang Pustaka
Tahun terbit : 2013
Rincian : 302 halaman, 20,8 cm

"Pelajaran Kesenian itu bukan sekedar mempelajari cara menggambar yang benar; tetapi bagi saya belajar seni seperti belajar 'memanusiakan' manusia."

Disini Waditya menyatakan kalo sebenernya pelajaran kesenian itu penting, karena kesenian itu bisa memberikan ruang seluasnya untuk mengemukakan pendapat, berani mengekspresikan imajinasi, melatih berpikir kreatif, membina sensitivitas, melatih keterampilan, dsb.
Akhirnya ada juga orang yang ngertiin gue. :') *terharu men* Jujur, kata-kata Waditya ini bener. Pas masuk ke jam pelajaran matematika dan kawan-kawannya, gue ngerasa otak gue tegang dan terlalu serius. Tapi pas gue masuk ke jam pelajaran kesenian, gue ngerasa otak gue relaks kembali. Entah dengan menggambar, main musik, dan lain-lain.

"Rasa takut adalah musuh besar dari kreativitas."

Waditya bilang, kita bertahun-tahun belajar untuk bisa ngejawab pertanyaan dengan benar. Gak boleh melakukan kesalahan. Kalo salah mendapat nilai jelek, kalo benar mendapatkan nilai bagus. Secara gak langsung ini ngebuat kita dipupuk rasa ketakutan. Takut salah, takut gak naik kelas, takut dapet nilai jelek.
Sekali lagi, Waditya emang bener-bener pengertian banget. :')

"Tidak ada konsep yang benar-benar baru di dunia ini. Kita sebagai manusia hanya me-remix bahan yang sudah ada dan sering dijumpai untuk dijemas/disajikan menjadi seolah-olah baru"

Jadi menurut dia, gak ada konsep yang bener-bener baru di dunia ini. Manusia itu cuma meremix semua yang udah ada dan pernah dipake sebelumnya. Intinya: Meniru dulu sebelum menghasilkan karya baru. 
Waditya bertanggapan, meniru itu beda dengan plagiat. Plagiat adalah melakukan 'copy-paste' tanpa penambahan makna. Menyalin karya orang lain menjadi seolah-olah karya tersebut milih kamu. Sedangkan meniru adalah cara berlatih dengan sistem teknik yang dibalik.

"Siapa yang paling kuat kreatif, dialah yang menang! -Revisi Hukum Rimba"

Setuju! Di dunia ini udah bukan jamannya mamerin otot, tapi mamerin otak dan kreatifitas. Jadi yang paling kuat, bakalan terkalahkan dengan yang paling kreatif!

"Proses pencarian ide kreatif kadang-kadang tidak bisa mengharapkan dengan menunggu. Tapi, kita juga perlu mestimulasi ide tersebut agar muncul, dengan cara menantang kita menjawab sebuah pertanyaan yang kita buat sendiri"

Intinya, ide itu bukan ditunggu, tapi dicari.

"Keterbatasan melahirkan tantangan, menimbulkan reaksi untuk berkreasi, dan mengantarkan kita pada sebuah karya baru"

Jadi keterbatasan itu bukan sebuah penghambat buat berkreasi. Keterbatasan = Peluang!

"Tentukan kita ingin dikenang sebagai apa jika kita meninggal"

"Kreativitas adalah memikirkan hal-hal baru. Inovasi adalah melakukan hal-hal baru"


"Kreatif itu menular! Sebarkan! -Albert Einstein"


AAAAHHHH, pokoknya banyak banget. Bukunya yang berwarna bikin kita ikut kebawa suasana. Buku ini tentang biografi kesuksesan yang dia dapetin karena sebuah kekreatifitasan. Pas ngebaca buku ini, gue gak berhenti berdecak kagum. Dia ngejelasin, dengan cara spontan aja kita bisa ngedapetin suatu karya. Buku ini bikin kita semangat buat lebih kreatif lagi, ngelatih otak kanan dan kiri kita secara bersamaan, dan bikin kita mikir kalo sebenernya sukses itu berasal dari kreatifitas.

Pokoknya; KREATIFITAS SAMPAI MATI!!!