12/1/13

TEGANYA LO UNFOLL GUE!

Apa kabar mbaksist masbro?
Mau nanya dong, situ masih sering dapet mention 
"follbacknya qaqa" 
atau "kok gue diunfoll sih?" gak? 
Kalo masih sering, yukika maria baca tulisyan indang yaaah..

Belakangan ini gue lagi suka dapetin mention yang bikin gue risih. Saking risihnya gue hampir sempet bakar diri gara-gara kesel liatnya. Isinya sama semua pula, rasanya pengen gue bakar tab mention gue saking panasnya mata gue yang ngeliat. Berturut-turut gue ngedapetin mention ginian, seakan-akan gue lagi dihakimi dunia karena udah unfollow orang-orang, begini nih penampakannya:
// CAN'T OPEN THE IMAGE //

Seakan tragedi follow-unfollow itu udah menjajah kehidupan mereka. Dan sekarang, gue telah dihakimi dunia karena udah unfollow orang-orang disekitar gue. Mungkin pahala gue bakalan berkurang setelah gue unfollow semua orang itu, atau mungkin dosa gue malah bertambah setelah mengabaikan "followback?".
EEEEEE GAK GITU JUGA KELESSS......


Nah, jadi disini gue bakalan jelasin kenapa follow-memfollow udah jadi ajang keeksisan di twitter. Saking eksisnya, berita Farhat Abbas yang lagi ribut sama anaknye Ahmad Dhani aja sampe kalah eksis. Penasaran? SHIKAT MIRING TULISAN INI.

Di dunia paralel pertwitteran, follow-memfollow udah jadi sindrom peraturan yang kudu dipatuhi. Kalo gak dipatuhi, siap-siap dapet ganjaran dosa yang setimpal gara-gara mengabaikan "follback yah". Dan di dunia paralel pertwitteran, banyaknya followers itu jadi suatu patokan keeksisan seseorang. Tapi sayangnya gue gak hidup di dunia paralel, jadi masalah follow-memfollow itu bukan kewajiban seseorang buat ngelakuin itu.
Gue sering baca di timeline tulisan kayak gini:

"Sok ngartis banget sih minta follbacknya susah amat"

"Sok ngartis banget sih unfollow seenak jidat"

Jadi sebenernya, gue yang sok ngartis atau lo yang kelewat mupeng?

Yaudah, sekarang gue jelasin.
Ehem.

Harusnya follow-unfollow itu gak perlu didramatisir, suka ya follow, gak suka ya unfollow. Kadang manusia suka kebalik, follow itu kewajiban, solat itu belakangan (#nahloh). Di unfollow, bukan berarti memutuskan pertemanan kan? Kayaknya di unfollow itu rasanya udah kayak kehilangan 50% pahalanya karena udah gagal ngetweet yang bener. Kampret, drama amat.

Disuruh ngefollow secara paksa juga selalu bikin risih, apalagi orang yang gak gue kenal sama sekali sebelumnya. Emang dengan gue ngefollow orang-yang-gak-gue-kenal-dan-minta-follback itu gue bakalan  langsung dapet jodoh atau dapet temen segudang gitu? Mending temennya bener, kalo salah gaul gimana? Milih temen itu perlu, tapi jangan milih-milih amat. Berbuat baik sama semua orang juga perlu, tapi jangan kelewat baik. Jadi kita punya takaran harus baik banget kesiapa, harus baik biasa kesiapa, dan harus biasa aja kesiapa. Orang munafik itu gak akan pernah punah bro, seiring perkembangan jaman, orang munafik juga berkembangbiak. #salahtema
Jadi gak ngefollow bukan berarti gak temenan. Gue emang jarang ngefollback orang, tapi gue bakalan ngerespon mention kalian kalo itu termasuk mention yang PENTING.

Kenapa lo jarang ngefollback sama sering unfollow?

Gue jarang ngefollow back karena gue gak suka timeline yang berbau galau ngode. Misalnya kalo dia lagi galau, bisa spam sampe 100 tweets per hari buat ngetweet galau-galau dan biar doinya peka. Sebagai follower, gue merasa risih. Belum lagi orang yang suka RT abuser, RT abuser itu orang yang suka bales mention make RT atau RETWEET bukan pake REPLY. Sebagai stalker, gue merasa pusing saat stalking RT abuser. Aduh oyong deh gue.
Makanya, sebelum gue follow back orang yang mention gue "follbacknya qaqa", gue selalu seleksi timelinenya dulu. Yang suka nyampah dan suka ngetweet "Duh lagi masang fake smile nih", mendingan minggir dulu deh...

Kalo dibilang sering, gue malah gak begitu sering unfollow. Yaa, seminggu dua orang lah yang gue unfoll, itupun tergantung mood. Sebenernya sama aja alasannya kayak tadi, gue risih sama galauan-galauan yang bermaksud ngode. Selain 'mending dibaca sama doinya, kalo engga?', gue juga rada ilfeel kalo kudu ngeliat timeline yang gak bisa galau satu menit aja (@dwitasaridwita & @Viccent22). Jadi, jagalah timeline, jangan kau kotori.

Unfollow orang gak bakalan ngebuat pahala lo berkurang atau dosa lo bertambah. Followers juga bukan patokan lo famous apa enggak. Minta follback gabakalan bikin lo jadi tenar. Unfollow orang bukan berarti memutuskan tali pertemanan. Followers bukan ajang nyari keeksisan. Minta follback gak bikin lo jadi orang yang beruntung karena udah difollback. Think before you act. Jangan open your mouth before your mind.

So, lo masih mau kayak begini setelah diunfoll sama satu orang?


Lebih jelasnya, baca:
Irvina Lioni, Kancut Beringas: Gonjang Ganjing Twitter (WAJIB BACA WOYYYY!!!)