9/23/11

Old Faithful

Geyser Paling Terkenal
Geyser merupakan mata air panas yang menyembur secara berkala, mengeluarkan panas ke udara. Nama geyser di ambil dari Geysir di Islandia.
Di dunia ini tidak banyak Geyser. Hanya ada sekitar 1.000 geyser di bumi, dan kira-kira setengahnya ada di Taman Nasional Yellowstone,AS yang merupakan tempat wisata terkenal.Dari ratusan geyser di sana, geyser Old Faithful merupakan yang menarik wisatawan. Padahal geyser ini bukan yang terbesar atau pun sring menyembur di kawasan ini.

Paling Istimewa
Geyser paling besar di sana adalah Steamboat. Tetapi, semburannya tidak bisa di prediksi. Terkadang dalam setahun ia hanya menyebur 2-3 kali saja, tetapi sekali menyembur benar-benar dahsyat. Ada geyser lain yang lebih sering menyembur, tapi kecil saja sehingga tidak menarik.
Nah, Old Faithful ini istimewa. Begitu menyembur , aliran uap air panas bercampur air panas mancur dengan deras seperti jet.
Semburannya berwarna putih terus meninggi, hinggaa mencapai ketinggian maksimal membutuhkan waktu 10-20 detik. Semburannya berlangsung hingga 5 menit. Luar biasa!

Ribuan Liter Disemburkan
Dalam satu semburan, tidak kurang dari 14.000-32.000 air dan uap air panas di semburkan.
Tingginya bisa mencapai puluhan meter, dan berlangsung hingga 5 menit. Dalam satu hari Old Faithful bisa menyembur sebanyak 21-23 kali, dengan selang waktu antara 45 hingga 125 menit.
Tercatat sudah lebih dari 137.000 semburan sejak geyser ini diamati.
Nah, karena semburannya besar dan sering, wisatawan pun tertarik untuk melihatnya. Asal mau bersabar sebentar mereka akan melihat semburan dahsyat yang mengesankan itu. Wah, Old Faithful sering menerbitan decak kagum pengunjung. Rasanya belum datang ke Taman Nasional Yellowstone bila belum menyaksikan semburan Old Faithful.

Banyak Dipelajari
Nama Old Faithful diberikan dalam Ekspedisi Washburn tahun 1870.
Nama yang sama di berikan pulsa kepada sebuah penginapan di dekatnya. Para peneliti yang tergabung dalam ekspedisi ini terkesan dengan ukuran dan seringnya meletup. Di antara geyser yang sering meletup dengan berkala, inilah yang paling besar.
Maka selama bertahun-tahun geyser Old Faithful banyak dipelajari. Pengamatan dari dekat dan cermat membuat para petugas bisa memperkirakan letupan berikutnya dengan cukup jitu. Tidak mengherankan bila Old Faithful menjadi geyser yang paling mudah dilihat di Taman Nasional Yellowstone.

Terjadinya Geyser
Bagaimana terjadinya geyser?
Kita tahu, di bawah lapisan yang berupa kulit bumi ada lapisan yang berupa lelehan batuan dan lumpur panas yang disebut magma. Semakin jauh ke dalam perut bumi, semakin panas suhunya. Di kedalaman 2 km suhunya bisa lebih dari 1.200°C
Terkadang pada kulit bumi ada kantung air yang dekat dengan magma panas. Air tidak menguap kaarena tidak bersinggungan dengan udara. Bila ada celah atau retakan yang bias di lalui, air panas tadi bias keluar ke permukaan bumi dan menjadi mata air panas.
Kadang-kadang air panas alami tersebut keluar sebagai geyser.
Uap air panas yang di hasilkan dari air panas yang naik, akan menembus celah atau retakan, dan mendorong air keluar di permukaan. Pelepasan air di permukaan akan menyebabkan turunnya tekanan air panas kedalaman, sehingga air yang sangat panas menguap dan volumenya mengembang hingga 1.500 kali lipat! Uap itu pada gilirannya mendorong air di permukaan sehingga terjadilah semburan. Semburan akan terus berlangsung sampai air dan uap pada celah itu habis. Kemudian air bawah tanah sedikit demi sedikit terkumpul lagi, dan proses yang sama berulang kembali. Oh ya, aktivitas semburan geyser dapat berhenti karena pengendapan mineral di dalam geyser, gempa bumi, dan campur tangan manusia.