2/15/12

Junior High School

Yak, SMP. Setelah gue ngelewatin masa-masa milih mau masuk pesantren, swasta, atau negeri, gue pun milih ke SMPN 16. Sebenernya sih lebih milih ke SMPN 2, karena ada 'sesuatu' yang bikin dulu gue semangat buat sekolah. Tapi, takdir berkata lain saudara-saudara.... Ngg, ada yang perlu lo tau nih yaa.. Setelah gue milih-milih temen dan nyoba adaptasi sama lingkungan baru gue, gue dapet suatu kalimat yang berhasil nyampe ke kuping gue. Jadi isinya tuh....

"Mengerti orang lain itu susah. Gimana mau dimengerti kalo gak mau mengerti?"

Iya. Mengerti orang lain itu susah. Harus ngerelain perasaan sendiri untuk ngertiin orang. Pertama kenal sama temen-temen SMP gue, gue masih belum terancem. Iya, gue masih ngerasa aman-aman aja di sekolah ini. Tapi lama-kelamaan gue ngerasa gak nyaman. Disini gue ngerasa terpojok. Dan satu-satunya cara biar gue gak dipojokin, gue harus mengerti orang itu. Gue harus 'iya-in' setiap perkataannya. Dan lama-kelamaan gue pun nyadar gue ngerasa kayak babu. Gue diperlakuin gak wajar. Emang harus ditunjukin pake sikap. Kalo engga, harga diri taruhannya. Jadi, gue pun ngerubah sikap gue yang dulunya selalu 'ngertiin' orang sekarang jadi 'dimengerti' orang. Semua berubah. Sifat temen-temen gue yang dulunya berlagak kayak majikan gue pun langsung ngehormatin gue, mereka gengsi. Jadi intinya, ngertiin dulu orang lain, maka lo akan dingertiin sama orang lain juga.
Gak itu aja ya yang bakal gue bahas disini.. Ternyata di SMP itu beda. Mungkin bakalan lebih beda lagi kalo gue udah SMA nanti. Di SMP ini, gue harus ngelewatin yang namanya 'milih' temen yang bener. Yang mau diajak kompromi dan setia ngedengerin bacotan gue kalo lagi kena masalah. Gue masih fine fine aja kok, itu bukan rintangan berat. Dan di SMP ternyata gue juga harus ngelewatin yang namanya 'percintaan'. Bah, gue males kalo udah ngomongin ginian. Jadi gue persingkat aja yaa... Jadi kalo di SMP yang ude dibolehin pacaran nih yaa, harus milih pacar yang bener. Di SMP itu emang bener-bener lagi marak banget yang namanya 'pacar dimainin', jadi pinter-pinterlah milih pacar. Yang engga dirty mind, engga playboy, engga matre, just netral. Ya, intinya gitulah. Dan yang tersulit ya disini ini bagiannyaa.... Genk. Yeps! Sama yang kayak udah gue bilang, KECEPERS selalu dapet hinaan dari banyak pihak. Selalu aja diremehin dan selalu aja dibilang genk keterbelakangan. Hah. Gue capek ngedengerin hinaan yang selalu ada dibelakang kuping gue, alias berani dari belakang. KECEPERS bukan genk, wey. Jadi gak ada yang berhak ngajakin KECEPERS tawuran. Selama ini gue banyak dapet tawaran buat ikut tawuran. Tapi buat apa? Apa bakalan dapet penghargaan setiap gue ikut tawuran? Engga kan? Think before you act, guys! Gak cuma tawuran yang lo kerjain pas SMP gini.. Masih SMP aja udah pada berani tawuran. Gedenya mau jadi apa? Bakalan jadi dewa gak tuh kalo setiap hari selalu ikut tawuran? Oke, ini bukan saatnya gue ceramah ya. Gue males aja selalu ditantangin buat adu bacot sama genk-genk gajelas yang nganggep KECEPERS itu genk. Sebenernya gue males juga sih bikin KECEPERS kalo akhir-akhirnya bakalan gini. Jadi niat gue tuh bikin KECEPERS cuma nama anak-anak yang sering kumpul bareng aja.. Rata-rata sih anak kelas gue semua.. Jadi dulu tuh sebelum ada KECEPERS gue gak bergantung sama semua genk. Gue masih netral, gak ngikut aliran mana aja. Terus lama kelamaan gue jadi sering ngumpul bareng sama anak kelas gue, terus iseng deh bikin nama KECEPERS. Eh..... Ternyata banyak yang gak terima kelahirannya KECEPERS, yaudah, gue nyerah. Mau gimana lagi. Gue bukan pengecut yang bisa ngebubarin club gitu aja. Jadi tetep stay cool aja. Sok pasang telinga baja. Tapi gak sampe situ aja, gue yang sebenernya pengen ngebubarin KECEPERS dari dulu malah terhambat gara-gara makin hangatnya hubungan gue sama anggota lain. Gue gatega. Jadi KECEPERS tetep berdiri segagah-gagahnya. Lama kelamaan KECEPERS redup, gak tenar kayak dulu. Iya, KECEPERS bukan lagi jadi bahan omongan mulut orang bangsat yang selalu ngehina club gue. Jadi gue ngerasa aman disini. Mereka yang dulunya ngomongin kami lagi sibuk-sibuknya ngedekor genk mereka. Gatau buat apa. Dan itu semua gak berlangsung lama. Gue sama anggota KECEPERS lainnya malah dapet serangan mendadak. Iya, KECEPERS dibilang 'genk yang mau banget dibilang kece' haha. Sakit yah. Sakit banget malah. Sebenernya gue gak terima sih. Tapi stok kesabaran gue masih banyak, jadi gue selow aja ngedenger omongan orang kayak gitu. Ternyata tuhan ngedenger do'a gue, mereka minta maaf dengan alasan gatau kalo itu club kami. hoho. Sudah lama diinjak-injak dan mereka baru kenal KECEPERS. Alasan mengambang.... Tapi gue gapeduli, sebenernya anggota-anggota KECEPERS udah dapet teror banyak banget dari genk-genk yang gasuka sama kami. Gue tau siapa, but I can't tell it. Anggota gue emang udah muak sama mereka yang selalu nginjek-nginjek KECEPERS. Tapi gue masih ngedinginin hati mereka bair agak tenang dikit. Kalo boleh jujur, gue lebih kesel dari yang mereka kira. Karena bukan KECEPERS aja yang dijelek-jelekin, gue juga ikutan dijelek-jelekin. Dan seterusnya, gue harus tetep pertahanin KECEPERS yang emang bukan genk. Sebenernya gue diposisi yang emang ngeribetin banget. Antara milih sahabat apa milih diri sendiri. Gue milih sahabat, yang artinya gue harus pertahanin KECEPERS. Bukan malah mentingin diri sendiri yang mentingin 'ketenarannya' sendiri.
Yayaya.... Itulah SMP. Banyak rintangan. Harus jadi babu dulu untuk jadi majikan dihari esok. Haha. Di SMP itu susah gan. Semuanya pake otak, bukan pake otot. Dan gak selamanya kok lo jadi babu. Mengerti dulu kalo mau dimengerti ;)